Rabu, 05 Maret 2014

Beberapa fakta Unik tentang batik

Beberapa fakta unik tentang batik – Siapa yang tak mengenal batik? semua pasti tau tentang batik. Batik merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia yang sudah ada sejak dulu kala. Batik adalah seni menggambar diatas kain sehingga membentuk pola-pola yang indah.
Seiring berkembangnya zaman dan semakin luasnya permintaan pasar, banyak sekali bermunculan berbagai macam kerajinan yang terbuat dari batik seperti tas batik, kaos batik, sweater batik, dsb. Jenis dan coraknya pun semakin variatif dan kreatif sehingga batik ini dapat diterima berbagai kalangan dan dapat di pakai untuk acara formal dan non-formal.
Nah, tahukah Anda beberapa fakta unik tentang batik? di simak yah.
1. Asal Muasal Kata batik
secara Etimologi Kata "batik" berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa: "amba", yang bermakna "menulis" dan "titik" yang bermakna "titik".
2. Teknik Pembuatan Batik
Batik adalah salah satu teknik pembuatan motif pada kain. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing.
3. Batik Diakui oleh Dunia
Batik telah diakui UNESCO pada tanggal Pada tanggal 2 Oktober 2009, sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity)
4. Membatik Mata Pencaharian Wanita Jaman Dulu
Pada zaman dahulu kala, perempuan di Indonesia menjadikan pekerjaan membatik sebagai mata pencaharian. Pekerjaan membatik merupakan pekerjaan yang eksklusif di masa itu.
5. Pengenalan Batik Pertama Kali
Pertama kali batik diperkenalkan kepada dunia oleh Bapak Presiden Soeharto, yang ketika itu menghadiri konferensi PBB dengan mengenakan batik.
6. Motif dan Corak Batik
Motif dan corak batik setiap daerah berbeda corak ini mengakomodasi aneka flora dan fauna. Ragam corak dan warnanya dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Mulanya, batik mempunyai ragam corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak hanya boleh digunakan oleh kalangan tertentu. Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya, para penjajah.
7. Konfrontasi dengan Negara Tetangga
Potensi batik yang sangat besar menjadikan batik diburu sebagai budaya luar salah satu negara yang mengklaim adalah malaysia. sebelum diakui UNESCO malaysia sempat memasukkan batik Sebagai warisan leluhur mereka.
8. Batik sebagai Fashion Dunia
keindahan corak dan pola batik itu sendiri telah menjadi ketertarikan pada desainer Indonesia untuk memperkenalkan batik ke luar negeri yaitu pada ajang miss universe. Batik modern kini juga sangat digandrungi di kalangan anak, remaja dan dewasa.
9. Jenis Batik Berdasarkan Teknik Pembuatannya
Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan. Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari. Batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.
10. Mitos Tentang Batik
Dalam budaya jawa motif batik tidak boleh digunakan dalam sembarang waktu. salah satunya motif batik parang yang dilarang untuk acara pernikahan. setiap motif memiliki makna dan penempatan penggunaan dalam tradisi adat yang berbeda.
Demikianlah beberapa fakta unik tentang batik, semoga kita semakin cinta kepada budaya Negara sendiri.

Share This!


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates