Kamis, 06 Maret 2014

Cara Merawat Baju Batik

bahan baju batik
Cara merawat baju batik – Untuk Anda pecinta baju batik tentu tidak ingin pakaian yang baru saja Anda beli terlihat rusak dan luntur dalam waktu yang singkat disebabkan karena kurang bisa merawat baju batik. Sangat disayangkan jika hal ini terjadi pada Anda, apalagi pakaian yang Anda beli harganya tidak murah. Sebenarnya merawat baju batik bukanlah perkara yang sulit, lalu bagaimana cara merawat baju batik kesayangan Anda? Berikut ini tips singkatnya:

1. Gunakan Alas saat Menyetrika
Sebaiknya gunakan alas saat menyetrika baju sehingga setrika tidak langsung menyentuh ke permukaan kain batik. Motif batik akan terlihat pudar jika langsung menyetrika tanpa menggunakan alas.
2. Jangan Gunakan Mesin Cuci Untuk Mencuci.
Mencuci baju batik dengan menggunakan mesin cuci juga dapat menyebabkan motif batik kesayangan Anda pudar sehingga baju terlihat kusam.
3. Jangan menjemur baju batik saat terik
Usahakan untuk tidak menjemur baju batik dibawah terik matahari. Mengapa? Karena baju batik akan cepat rapuh dan mudah sobek.
4. Rendam dengan air hangat
Untuk menghilangkan noda yang membandel cukup rendam dengan air hangat, tidak perlu mengucek terlalu keras. Dijamin hal ini akan membuat baju batik kesayangan Anda awet.
5. Hindari kapur barus
Baju batik yang telah di cuci tentu disimpan dalam lemari kan? Sebaiknya hindari pemakaian kapur barus untuk menghilangkan bau apek. Alternative lain cukup gunakan bubuk lada yang dibungkus dengan tisu lalu taruh di pojokan lemari.

Semoga tips singkat ini dapat berguna dan membuat batik kesayangan Anda awet.

Share This!


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates