Kamis, 05 Juni 2014

Tips Merawat Pakaian Berpayet

Tips Merawat Pakaian Berpayet - Pakaian berpayet tentu sangat indah dan terlihat mewah bila dikenakan. Jenis pakaian yang dihiasi taburan aksesoris cantik ini juga biasanya pakaian khusus yang hanya dikenakan pada saat-saat spesial. Contoh pakaian berpayet yang paling umum adalah kebaya, dimana keindahan dan kemewahannya terletak pada permainan payet yang berwarna warni maupun bentuk payet itu sendiri, dan akan menaikkan “kelas” pakaian tersebut. Banyak jenis pakaian atau kain selain kebaya yang berhiaskan payet, seperti misalnya pakaian muslim wanita, aksesoris kipas, sepatu, bahkan tas berhiaskan manik-manik cantik ini.

Merawat pakaian berpayet memerlukan trik dan cara tertentu, karena jenis pakaian ini tidak bisa diperlakukan seperti kain biasa. Perhatian khusus pada payet harus dilakukan agar keindahan dan keutuhannya tetap terjaga, dan membuat pakaian anda akan tetap terlihat mewah dan cantik. Bila anda memiliki koleksi kain berpayet dan ingin merawatnya sendiri di rumah, simak tips berikut ini untuk memastikan koleksi anda tetap terjaga kualitasnya.
      Hindari mencuci dengan mesin
Pencucian dengan mesin akan membuat kain berpayet anda kehilangan bentuk aslinya. Selain itu, tekanan dari mesin cuci dapat membuat serat halus pakaian atau kain berpayet anda rusak, atau malah membuat payet-payetnya copot.

      Rendam di dalam air deterjen
Cara paling tepat dalam mencuci pakaian berpayet anda adalah dengan merendamnya di larutan air dengan deterjen halus, dan diamkan hingga kotoran terangkat dengan sendirinya. Hindari mengucek atau memeras-meras sambil mencuci, karena konsep ini sama dengan tips nomor 1 diatas yaitu anda tidak ingin merusak bentuk maupun serat kain anda.

      Minimalisir pencucian
Kain atau pakaian berpayet seperti contohnya kebaya sebenarnya tidak memerlukan pencucian setiap kali pemakaian. Jaga pemakaian pakaian berpayet anda agar tidak sampai terlalu kotor, dan cuci hanya setelah beberapa kali pemakaian.

      Hindari penjemuran di bawah matahari langsung
Payet adalah aksesoris yang cukup sensitif, maka dari itu hindari penjemuran langsung di bawah sinar matahari. Ini berguna untuk menjaga warna pakaian dan payet anda tetap indah dan terawat. Apabila anda selesai mengenakan pakaian berpayet anda, cukup angin-anginkan di dalam ruangan yang sejuk dan terlindung dari sinar matahari langsung, atau serap airnya menggunakan handuk. Proses mengangin-anginkan ini juga sebaiknya anda terapkan setiap setelah pencucian ataupun pemakaian tanpa pencucian.

      Gunakan jeruk nipis
Jeruk nipis memiliki kemampuan baik dalam mengusir noda dan bau, dan hal ini juga bisa anda terapkan untuk pakaian berpayet anda. Apabila anda misalnya tidak sengaja menumpahkan makanan ke atas kain berpayet anda, cukup teteskan air jeruk nipis ke atas noda tersebut, dan gosok perlahan-lahan sambil ditekan-tekan lembut agar noda terangkat. Cara ini cukup efektif untuk meminimalisir pencucian seluruh pakaian anda apabila noda tersebut tidak besar.

      Hindari menggantung pakaian berpayet anda
Payet cenderung membuat pakaian atau kain anda menjadi berat. Setelah pencucian, bila memang anda selesai merendam dan pakaian anda sangat basah, usahakan jemur pakaian anda di tempat yang datar dan sejuk. Penggantungan akan merubah bentuk asli dari pakaian tersebut.

      Hindari menyetrika payet
Keindahan payet adalah modal utama dari keseluruhan kemewahan pakaian anda. Setrika bagian dalam dari pakaian dan jauhkan panas dari payet-payetnya. Payet umumnya terbuat dari plastik, dan panas yang berlebihan selain merusak warna dan tekstur, juga dapat membuat payet meleleh.

      Angin-anginkan secara berkala
Layaknya semua pakaian, ada baiknya anda lihat koleksi-koleksi kain mewah berpayet yang anda miliki dan angin-anginkan selama beberapa waktu. Hal ini berguna untuk menjauhkan ngengat karena kelembaban dan juga bau apek karena lama tersimpan di lemari. Hal ini juga berguna untuk menjaga kualitas kain secara keseluruhan, dan membuat anda bisa menyimpan koleksi pakaian berpayet anda dalam waktu lama.

Demikian beberapa tips praktis merawat pakaian berpayet. Tips ini bisa anda coba terapkan untuk kain-kain mewah yang anda miliki, maupun aksesoris dan pelengkap busana apa saja yang dihiasi payet. Semoga berguna, dan selamat merawat koleksi kain berpayet mewah anda.
Baca juga ulasan singkat mengenai Celana Jeans Sesuai Bentuk Tubuh.

Share This!


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates